Belajar IP : Gateway dan DNS

Akhirnya bisa melanjutkan bahasan tentang IP. Oke..  sebelumnya kita sudah bahas dan memahami alokasi dan aturan pemakaian IP. disini .Dalam dunia persilatan jaringan, pasti akan sering menemukan dua istilah aneh ini, yaitu :

1. Gateway

2. DNS (Domain Name Server)

Sudah pernah dengar, atau lihat ? ya, pasti sering kita temui jika sedang setting koneksi internet dengan ISP (speedy, IM2, SMART dll). Mengutip dari mbah wiki (teman dekat mbah google ) :

Gateway (telecommunications), a computer or a network that allows or controls access to another computer or network

Seperti namanya Gateway (Gate = Gerbang, Way =  Jalur/jalan). Secara sederhana Gateway merupakan “pintu” pertama, jalur pertama yang harus dilewati paket2 data untuk dapat masuk ke network yang lain. Apa penting nya ?? sangat penting.

Ibaratkan kita berada di dalam rumah, lalu kita ingin “mengantarkan” masakan kita ke tetangga sebelah. Pasti jalan yang kita lewati pintu depan rumah kan ? masa lewat jendela :D . Nah, begitu pula jika kita ingin pergi ke toilet, pasti kita menuju pintu toiet (masa pintu depan rumah,, muter2 dong..) “Maskan” tadi adalah paket data yang kita kirimkan, dan pintu2 tadi adalah gatewaynya. Jadi, jangan sampai kita salah pilih gateway ! bisa dipastikan, network yang kita buat (internet) akan mengalami masalah, sebab paket2 datanya salah kirim ! hehe…

Baiklah,, itu tadi filosofi dari gateway. Sekarang kita lihat dari sisi teknisnya. Biar gampang lihat gambar aja ya …

perhatikan topology jaringan diatas. Terlihat ada 4 (empat) buah komputer clients, yang saling terhubung dalam satu network. Dihubungkan oleh satu buah switch. Dari switch, masuk ke router (modem bisa juga). Dari router inilah yang menghubungkan antara LAN kita ke dunia luar Internet. Sudah kita pelajari sebelumnya, bahwa setiap komputer mempunyai alamat IP yang berbeda. Dan router pun mempunyai IP juga. jadi :

Ketika sebuah paket data dari komputer, ingin diteruskan ke arah internet, maka, “gerbang” yang harus dilaluinya adalah gerbang router tersebut. Dengan kata lain, pada topology jaringan diatas, Alamat gateway mengarah pada IP local interface nya router.

Seperti layaknya manusia berwajah 2, router pun demikian. Local Interface adalah Ethernet card nya rourter, yang memiliki IP LAN. Artinya, dalam satu jaringan LAN komputer diatas. Ilustrasinya :

.             |                                    Router                                |

Client == | Local Interface – routing – Public interface | == internet

Public interface gampang nya adalah IP Public kita yang dikenal di jarinagan internet luas. Ingat fungsi utama sebuah router : “manipulasi alamat IP” kenapa harus dimanipulasi ?? sebab, jaringan Internet, tidak mengenal IP LAN atau local kita (192.168.2.3), jaringan internet hanya mengenal IP public seperti 202.130.196.155. Nah, inilah fungsi router tersebuat sebagai NAT (Network Address Translation).

Bagaimana menentukan Gateway kita ?? Mudah saja, cari interface router / modem yang paling dekat dengan jaringan kita. Teknik ini sudah lazim digunakan. (yaiyalah… masa cari gateway yang jauh2… hehe). Misalnya Local interface router dengan alamat 192.168.1.1. Nah, pada client range IP nya dari 192.168.1.2 – 192.168.1.5, maka, untuk setting gateway nya diarahkan ke 192.168.1.1. Begitu… ok ?

DNS (Domain Name Server)

Kita lanjutkan dengan istilah DNS. Dari arti katanya sendiri memiliki arti “Server yang menyimpan nama domain”. Sebelum terlalu jauh, kita harus fahami dulu, cara kerja sebuah halaman web dapat muncul di web browser kita :

Ketika kita ketik : http://www.google.com === Router === DNS == internet.

Penjelasan : Ketika kita ketik http://www.google.com, maka komputer, akan “mencari” alamat halaman tersebut (ingat ini sebuah alamat, berarti sebuah IP), melewati router, lalu diterima oleh DNS, yang akan menterjemahkan alamat http://www.google.com menjadi sebuah alamat IP. Sebagai contoh http://www.google.com, ip nya = 216.239.61.104 . Coba ketikan alamat tersebut di web browser anda, maka akan sama dengan muncul halaman http://www.google.com

Penampakan di terminal nya :

Translate Oleh DNS

Lalu muncul pertanyaan, bagaimana dan dimana DNS kita ?? gak usah pusing2 hehe. Sebab, ISP kita biasanya sudah menyertakan alamat DNS dia. Jadi, kita tinggal ketik saja :D . Cara kerja DNS sendiri, sederhana saja, sebuah DNS akan mencari alamat IP yang kita inginkan di Indexnya. Lalu memberikan feedback berupa alamat IP website yang kita tuju. Ingin membuat DNS ?? mudah saja (jaelahh.. ) hanya siapkan sebuah server, lalu install bind untuk redhat.

Seperti itulah gambaran tentang Gateway dan DNS. Dalam dunia persilatan jaringan,, kedua istilah tersebut tidak begitu membuat pusing admin. biasanya yang mebuat mumet alias pusing adalah masalah routing dan setting di routernya. Mungkin dilain waktu kita bahas, beberapa fungsi atau sevices yang berjalan di Router untuk meningkatkan performa sebuah router. OK. semoga bermanfaat… pertanyaan, kritik dan saran.. monggo… :D

37 responses

  1. wow, keren nih, jadi mengerti sekarang :)

    1. wahhh… sama2… :D

  2. Wah, pelajaran tentang ilmu jaringannya cukup lengkap. Thanks da disharing ilmunya.

    Boleh nanya, ya? Ada alamat host server tertentu yang hanya bisa diakses kalau kita memasukkan lebih dulu alamat IP addressnya di Host lokal pada directory windows komputer kita. Kira-kira untuk alasan apa ini, Sob? Contoh mau akses ke Kapersky misalnya.

  3. IP Filter kya nya tuh mas… yang jelas alasan keamanan… tapi, pengalaman (kya udah pengalaman aja.. hhe) kurang efektif klo di filer IP nya,, hanya beberapa IP address yang diizinkan akses,,

    biasanya di server / router, MAC address nya di filter. cara ini lebih ampuh.

    Paling ampuh di password n dengan enskripsi. pernah dengar SSL (secure socket layer) ? katanya “yang dapat membaca data aslinya, hanya Tuhan dan pembuatnya” di jamin amaannn… hihi

    kalo kaitannya karspersky,, mungkin ini untuk membatasi “hanya” pemilik lisensi yang sah, yang dapat akses ke server tersebut (biasanya karena gak gratis programnya.. hhe)

    semoga bermanfaat…

  4. Mas mau tanya..
    1. saya punya 1 laptop dengan koneksi internet menggunakan usb modem
    2. saya punya router wirelles linksys wrt54gl ddwrt
    3. saya punya hp sony ericsson p990i dilengkapi dengan wifi untuk client

    Nah yang mau saya tanyakan saya mau membagi internet yang dari laptop ke linksys untuk disebar menjadi LAN dan wifi yang ada di linksys..

    Bagaimana settingnya pak??

    Mohon bantuannya ya?

    1. ok. topologynya begini ya… laptop == LinkSys == Clients (Sony Ericsson p990i)

      boleh tau pake OS apa ??

      kalau di Window$ saya tidak terlalu faham. nah, kalo di linux (ubuntu) saya sudah pernah coba.

      Pada dasarnya,, bisa. tinggal hubungkn kabel LAN dari slot internet pada LinkSys ke port LAN pada Laptop. Nah,, settingnya ada pada Laptop. Setting yang diperlukan :

      1. Set IP di Ethernet Card Laptop (lebih baik static)
      2. Kita butuh “IP Fowarding” untuk meneruskan paket dari LINKSYS ke Modem USB.

      tutorialnya cukup lengkap disini http://heric.web.id/2009/02/01/simple-wireless-access-point-di-ubuntu-linux/

      tinggal di ganti target “hardwarenya” dan IP Table nya.

      selamat mencoba!

  5. Nah itu dia mas maslahanya saya pakai windows nich… ada referensi gak mas?
    kayanya saya paham sedikit2 nich masalah ini (malah yang paham sedikit2 itu bahaya hehe…)
    saya punya koneksi dengan im2 dengan laptop dan ada LAN-nya nah lan tersebut harus di beri alamat untuk koneksi yang lainnya… itu dia masalahnya…

    saya sdh coba pakai alamat 192.168.1.1 utnuk ip dan connect tapi client gak bisa browsing??? bagaimana mas???
    ip gatewaynya di isi berapa sih?

    1. kuncinya di IP forwading tadi… coba cek disini http://www.home-network-help.com/ip-forwarding.html spertinya lengkap tu mas :D

  6. Hati-hati Penjiplak | Reply

    perhatikan link ini :
    Orang tersebut telah menjiplak tanpa ampun dagangan saya!! hati-hati dengan orang seperti ini
    http://suryodesign.wordpress.com/2009/11/19/photoshop-top-secret/
    dengan ini..
    http://www.blooges.com/index.php/blooges-shop/cddvd-tutorial2/404-photoshop-top-secret-5-dvd

    1. nice info !! terima kasih infonya mas,, :D saya kaget.. kirain saya yang jiplak…

      wong saya mikir sendiri ini bikin blog.. untuk kepentingan umat manusia.. hehe

      yang sabar mas… terus ng-blog… cerdaskan bangsa ini !!

  7. Maaf saya jadi posting komen ditempat anda.. habis yang punya blog tersebut.. punya link kesini, saya benar-benar keceewa mas soalnya ada salah satu pembeli yang bilang saya penipu, karena ngambil dagangan orang.. padahal jelas-jelas saya buat sendiri kata-katanya. Gimana nggak jadi panas.. akhirnya ya saya ambil tindakan. sekali lagi maaf nggak ada maksud berbuat yang tidak baik disini. Salam kenal.

    1. Salam kenal ! :D

      ow gitu ceritanya… mungkin beliau khilaf… langsung konfirmasi aja ke orangnya mas… bisa diselesaikan dengan cara damai…

      1. udah kok.. udah damai… sekali lagi maap..trims.

  8. wah mantep sob, tutorial jaringan yang keren, ane jg baru mw belajar neh, hehe… :D

    1. Wah.. jadi enak neh… mari kita belajar bersama :D

  9. Masternya linux nie mas. Nice info mas. Saya lebih paham jadinya maslh jaringan.

    1. ahhh bisa aja… masih terus belajar… hehe

      semoga bermanfaat :D

  10. wah mantabz gan..
    save as dulu ya…
    hehe kaskuser yah???

    1. iya,,, sama2 gan… hehe

  11. mas, caranya buat masukin alamt gateway, ip, Dns dll di mana mas & gimana???

    1. IP, DNS di windows ??

      monggo : http://www.hotcomm.com/faq/faq_staticipxp.asp
      versi indonesia : http://hendri.staff.uns.ac.id/2009/10/setting-tcpip-windows-xp/

      IP, DNS di linux ? Ubuntu ?

      buka terminal :

      setting IP static :

      $ sudo ifconfig eth0 \

      set DNS :

      $ sudo vi /etc/resolv.conf

      dibaris tambahkan

      nameserver

      semoga bermanfaat :D

  12. Cpetan di jwad yo mas?????

  13. makasi ilmu ny gan,,,

    1. sep2 semoga bermanfaat :D

  14. BLOG ente mantap gan, salut gw, banyak ilmunya.
    Thanks brader.

    1. akbar pribadi | Reply

      siap… makash gan.. sukses selalu.. hehe

  15. Makasih banyak lo mas :)
    walau aku masih agak loading nerjemahinnya, gambarnya kok kayak yang ga keluar ya?ini komputerku yang error? atau memang gambarnya gaib?

    1. wah iya2… maaf2. :D saya akan perbaiki secepatnya ..

      terimaa kasih…

  16. Thanks yah gan !!!
    Asli penjelasan teori dan penggambaran’a mantap, mudah d’mengerti.

    1. siap. sama -sama semoga bermanfaat…

  17. Bagus Boss.. cara menulisnya membuat kita yg di level dasar..lebih mengerti..
    Kita tunggu..tulisan berikutnya…tks..

    1. siap.. semoga bermanfaat :D

  18. Bos, gimana cara kl sy mau menghubungkan beberapa pc dengan ip yg berbeda dlm 1 jaringan, misal pc 1 dgn ip:192.168.10.XXX, pc 2 dgn ip:192.168.1.XXX, pc 3 dgn ip:192.168.8.XXX
    Mohon pencerahannya, tq.

    1. kenapa harus di bedain networknya boss ?? disamain aja, .10

  19. ini sangat bermanfaat

    1. makasih gan :D

  20. Mas gimana cara kita masuk ke wifi orang saya sudah bisa connect tapi saya gak bisa browsing karna ada field logon……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: