Install LAMP

Apa itu LAMP ?? kalo anda fikir lampu bukan.. hehe LAMP (Linux, Apache, MySql dan PHP). Aplikasi wajib, buat anda yang berkecimpung dengan linux, khususnya webmaster. Langsung ke TKP,, Bahan dasar (buat PC saya :D) :

1. Ubuntu 9.04

2. Akses internet

3. Ruang harddisk yang cukup. Berapa MB ? saya gak tahu😛

Langsung saja,, buka terminal lalu ketik :

sudo apt-get install apache2

Lalu muncul :

apache

Tekan : Y

kalo sudah beres.. coba buka mozilla nya,, truz ketik di address bar dengan : localhost. Klo sukses akan menampilakan pesan :

It Works!

Lanjutgan…  sekarang install PHP. ketik :

sudo apt-get install php5 libapache2-mod-php5

PHP

Tekan Y lagi...

Kalo udah selesai instalasi PHP. lakukan restart pada apache :

sudo /etc/init.d/apache2 restart

untuk mengecek apakah instalasi PHP nya berjalan lancar,, buat sebuah script PHP didalam folder  /var/www caranya bisa lewat file browser nautilius atau langsung pakai terminal :

cd /var/www

sudo nano test.php

Setelah masuk ke nano,, ketikan script berikut :

<?php phpinfo(); ?>

Kalo di ubuntu penampakannya :

nano

klik Ctrl + X truz tekan Y untuk save

kalo udah beress. tes di mozilla ketik :

localhost/test.php

kalo sukses akan muncul info tentang versi php nya.😀

sekarang install mySql Server, ketik :

sudo apt-get install mysql-server

ikuti intsruksi,, masih tekan “Y” aja…  termasuk kalau diminta password root di MySql nya. Simpen ya passwordnya😛

langkah terakhir, restart apache2 nya

sudo /etc/init.d/apache2 restart

Selesai. Selamat menikmati hidangan LAMP😀

klo ada pertanyaan… silahkan komentar di bawah ya…

10 responses

  1. Wah, menarik sekali tutorial Linux-nya! Butuh hari tenang, secangkir kopi dan sebatang rokok untuk bisa mencerna dan mempraktekkan ini.
    Maklum, kelas saya masih user, bukan programer, Mas.
    He….He….
    Thanks buat sharing ilmunya.

    1. bisa saja mas joko,, semua programmer diawali dengan menjadi user… hehe😀
      maksih udah mampir…

  2. maaf mas baru sempat kunjung. link baliknya sudah saya add🙂

    1. iya,, terima kasih.. mari berteman😀

  3. kalau aku biasa pakai xampp aja. maklum gak ada linux😀

    1. iya, kalo di windows pake xampp,, versi linux nya bisa pakai LAMP. tergantung selera…😀

  4. hmmm.. klo dari source gi mn??
    takut kecanduan apt-get…

    1. pertanyaan bagus…

      paling bedanya gak jauh2 dari ./configure , make, make install… bukannya pake apt-get ntu mempermudah ??

  5. ane gak ngerti cara set virtual-host di ubuntu:/ 10 taonan lalu sih gampang2 aja pake windows. tolong ajarin dong..

    1. maksudnya virtual-host ?? localhost ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: