Virus Linux

Menarik untuk diperbincangkan. Kata orang linux itu “bebas virus” !! masa iya sih ? Ternyata setelah berguru pada mbah google, semua itu terbantahkan. Sebab produk manusia itu, tiada yang sempurna, sekalipun linux. Mbah Wiki (Teman dekatnya Mbah Google) mencatat beberapa Virus dan trojan yang hinggap di linux :

Viruses

  • Alaeda – Virus.Linux.Alaeda[16]
  • Bad Bunny – Perl.Badbunny[6][17]
  • Binom – Linux/Binom[18]
  • Bliss
  • Brundle[19]
  • Bukowski[20]
  • Diesel – Virus.Linux.Diesel.962[21]
  • Kagob a – Virus.Linux.Kagob.a[22]
  • Kagob b – Virus.Linux.Kagob.b[23]
  • MetaPHOR (also known as Simile)[24]
  • Nuxbee – Virus.Linux.Nuxbee.1403[25]
  • OSF.8759
  • Podloso – Linux.Podloso (The iPod virus)[26][27]
  • Rike – Virus.Linux.Rike.1627[28]
  • RST – Virus.Linux.RST.a[29] (known for infecting Korean release of Mozilla Suite 1.7.6 and Thunderbird 1.0.2 in September 2005[30])
  • Satyr – Virus.Linux.Satyr.a[31]
  • Staog
  • Vit – Virus.Linux.Vit.4096[32]
  • Winter – Virus.Linux.Winter.341[33]
  • Winux (also known as Lindose and PEElf)[34]
  • Wit virus[35]
  • ZipWorm – Virus.Linux.ZipWorm[36]

Worms

Nah itu beberapa Virus dan Worm yang hinggap di linux. Muncul pertanyaan “Trus gimana dong ? saya pakai linux supaya komputer jadi bersih ??” jawabannya sederhana : “Ya gak gimana, gimana😀 namanya juga produk manusia, pasti ada kelemahannya”. Eits, tunggu dulu… Ingat, linux bukan barang “mahal”. Artinya OS ini siapapun boleh ambil, boleh edit, boleh – boleh aja (apa seh ?). Logikanya klo barang mahal, pasti banyak orang yang ingin memilikinya, dengan cara apapun termasuk malware. Rasa bangga dia dapatkan. jika dapat “menembus” security barang mahal tersebut.

Di persilatan Open Sources, tidak ada kata bangga untuk “menembus” system securitynya. Justru yang makin membuat kita eksis persilatan linux, yaitu kontribusi kita untuk memperbaiki bug yang muncul. Kalaupun ada muncul virus, semua itu semata – mata untuk “uji coba”. La wong, yang biasanya uji coba itu pake tools linux (baca : backtrack) masa jeruk makan jeruk😛

Sebenarnya mudah, untuk membuat komputer anda aman 100 % dari berbagai serangan virus, caranya : Matikan Komputer Anda ! Jangan pernah menyalakannya ! 😀

Pengalaman saya menggunakan linux dan windowzz, jarang sekali komputer saya terkena serangan malware (gak kena atau gak sadar :P). Jika saya telaah, ternyata perkembangbiakan malware, faktor terbesarnya adalah user itu sendiri ! Contoh paling sederhana :

Ketika Akses Flashdisk punya teman atau tetangga atau nemu atau nyolong (lho :P). Karena dasar manusia rasa ingin taunya besar, tiba2 ada folder2 menarik dengan File Name yang memikat, dia asal klik saja itu file, tiba2 layar kedap – kediap, CD-ROM keluar masuk, lalu di layar mucul “KOMPUTER ANDA TELAH KAMI KUASAI by ANGGODO” misalnya… koq anggodo ?? hehe tidak jarang mata menjadi berkunang2. Wahhh.. langsung panik,, tanpa pikir panjang cari Anti Virus di Internet. Googling dan Dapat ! Install Antivirus versi trojan (zzz na’as banget ni orang :P) contohnya AVG versi trojan hehe. Tanpa pikir panjang, dia langsung Install ulang OS nya, tanpa ada satu pun file yang di backup. Akhir cerita, karena frustasi tingkat tinggi dia memakan komputernya sendiri ! huehuehue😀

Intinya adalah edukasi di tingkat end-user. Mereka harus faham dengan komputer mereka sendiri. Nah, ada beberapa solusi untuk memproteksi Linux dari ancaman virus, salah satunya dengan antivirus Kata Mbah wiki :

Yang jelas. Linux jauh lebih aman dari OS lain, kenapa ? Sebab dukungan orang baik yang berkontribusi sangat banyak (baca : ubuntu launcpad). Mungkin sampai disini mengenai virus di Linux. Jika ada pertanyaan, saran dan kritik, langsung di bawah ini ya !!

wallahualam bishawab

semoga bermanfaat !😀

2 responses

  1. hehe..
    langsung nulis tentang malware dia..

    sip,, like this..

    1. sesuai kebutuhan pasar.. hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: