Belajar VPN (Virtual Private Network)

Alhamdulillah masih diberi kesempatan buat nulis lagi😀 . Ok. kita lanjutkan bahasan kita tentang networking, Kali ini kita akan bahas apa itu VPN :

VPN (Virtual Private Network) dari asal katanya saja, bisa diambil makna : Jaringan Pribadi Virtual. Maksudnya, kita [seolah-olah] membuat jaringan private (LAN)  diatas jaringan publik (Internet).

Bagaimana, sudah terbayang ? ngiung… ngiung…😀 kalo belum terbayang, coba lihat ilustrasi berikut  :

Penjelasan contoh kasus :

Kita mempunyai perusahaan besar. Dimana perusahaan tersebut mempunyai beeberapa kantor cabang yang saling berjauhan (site 1 dan site 2). Untuk menghubungkan jaringan antar kantor cabang, diperlukan jaringan private namun dalam jarak yang jauh (hayo2 :P). nah, solusinya dengan VPN. Gampang-nya begini, kita tahu jika LAN : PC – kabel – switch – kabel – switch – PC. nah, kabel (yang cetak tebal) diganti dengan Cloud (internet) selesai. itulah VPN.

Perhatikan kembali gambar di atas!

Sebuah kantor cabang 1 (site 1) ingin membuat sebuah jaringan local ke kantor cabang 2 (site 2). Untuk itu, dipakailah VPN. Perangkat sebuah VPN berupa End PC – server – tunnel – server – end PC. Ibarat sebuah jalur pribadi ditengah keramaian jalur internet public, maka dibentuklah sebuah Tunnel.

Tunnel (terowongan), adalah jalur pribadi virtual diantara jalur publik internet. Kalau dijalan raya, itu jalur busway : Walaupun di “jalan” yang sama, namun memiliki kemampuan yang berbeda. Pada jalur busway relatif lebih “lancar”. Tidak terkena macet dan antrian kendaraan bermotor.

Pertanyaan selanjutnya : Bagaimana dengan tingkat keamanannya ? mengingat ini adalah jalur pribadi.

Yang membuat VPN ini istimewa adalah paket – paket data yang dikirimkan menuju tempat tujuan, telah di enskripsi (diacak) terlebih dahulu. Sehingga, akan menjadi percuma jika seseorang mengambil data atau menguping. Perhatikan gambar diatas, bahwa terdapat firewall utuk memproteksi dan validasi hak akses terhdap PC yang menggunakan VPN. Jadi, fungsi firewall disini semacam filter. Hanya user dengan IP tertentu yang dapat meng-akses data VPN.

Nah.. bagaimana ? sudah mengerti konsep dasar dari sebuah VPN ? kita akan lanjutkan lagi (Insya Allah) dengan melihat dari sisi teknisnya. Seperti protocol yang digunakan dan beberapa setting VPN. Semoga bermanfaat….

Komentar dan masukan sangat dinantikan😀

*Referensi sini

Wallahualam Bishawab.

14 responses

  1. contoh kasusnya misalnya internet banking :)) klikbca juga pakai vpn lho:mrgreen:

    1. hmmmm bener juga.. soalnya dia enkripsi datanya pake SSL… wah jadi pengen coba oprek open SSL… ada yang punya dokumentasinya ?? hehe😀

  2. wih asik nih..
    ternyata seperti itu ya VPN *mengangguk2 baru paham*

    1. Iya begitu mas VPN,, sekrang pengen coba settingnya yang real.. ini kan konsep😛

  3. informasi yang sangat bagus dan bermanfaat nih mas Akbar, jadi mudeng dengan VPN deh… terima kasih..

    1. sama – sama masiqbal… semoga bermanfaat… hihii😀

  4. nice post…perlu dibaca-baca lagi ne buku jaringannya😀

    1. ok. mas… makasih dah mampir…..

  5. Hai kawan, saatnya blog walking.
    tetap semangat😀 09:55

  6. hai kawan hobi saya adalah blog walking, ini adalah kunjungan persahabatan,
    ditunggu kunjungan baliknya🙂 22:19

  7. Assalamualaikum bang akbar

    saya berencana membuat VPN dengan rincian :
    – server dgn menggunakan windows server (server digunakan untuk database software yang client server)
    – modem internet menggunakan line speedy
    – router mikrotik
    – switch (untuk local area network)

    client luar kota :
    – pc atau laptop
    – software yang akan meng akses database di server tersebut diatas
    – jaringan internet (menggunakan modem atau adsl)

    pertanyaan saya :
    apakah software yang akan mengakses database di server tersebut diatas dapat tersambung hanya dengan menggunakan hardware yang dipaparkan di client (sudah disetting vpn nya) tersebut ? atau harus ada tambahan hardware lagi ?

    saya sangat awam dalam hal VPN smg bantuan dari para sesepuh dapat menjadi solusi.

    1. Waalaykumsalam warahmatullah.. bang Rio😀

      hmm langsung saja.. pada dasarnya VPN (Virtual Private Network) adalah saluran khusus koneksi dari client ke server dengan melalui proses enkripsi terlebih dahulu. nah, dari kondisi yang Bang Rio sebutkan diatas.. maka saya punya beberapa solusi :

      1. IP Public harus Static : Jika koneksi yang dibutuhkan VPN antar kota (pasti menggunakan LINK internet) sebagai contoh. ADSL, speedy. Maka harus/wajib menggunakan Speedy paket mininal korporat/bisnis. Yang mempunyai IP Public yang static. Sebab, jika menggunakan paket speeddy reguler, setahu saya, IP Public nya DHCP, jadi selalu berubah…

      2. Untuk Koneksi Database Lebih simple sewa hosting. Untuk kebutuhan pertukaran data (database) saya sarankan lebih baik menggunakan jasa hosting. Sudah banyak, jasa hosting lokal yang menyediakan hosting web site + databsenya. Untuk keamanannya, tinggal di modif saja misal : SSL.

      http://httpd.apache.org/docs/2.0/ssl/

      3. Web Based. Saya sarankan, untuk aplikasi databse, lebih baik web programming. maintenance lebih mudah, dan pasti bebas virus😀 kita cukup develop di sisi web server, lalu bisa diuji cobakan diseluruh komputer yang terhubung ke internet. Alasannya mudah, karena saya melihat Bank BCA (klik BCA) baik individu maupun korporat semuanya web based, jadi disisi klien cukup disiapkan koneksi internet dan web browser😀

      semoga membantu Bang Rio😀

  8. Asswrwb,
    Terimakasih atas sharingnya yang sangat bermanfaat, saat ini saya sedang mencoba membuat akses VPN dengan windows XP sebagai sebegai server, singkatnya saya sudah bisa akses ke server, namun saya belum bisa mengkakses data ataupun mengakses portal internal, yang pasti ada setup yang belum clear dan saya belum tahu dimana, semoga bisa dibantu bagaimana cara mengkases data internal atau setup selanjutnya agar dapat mengakses portal internal, terimakasih Bro…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: