Convert File System Ext.3 to Ext. 4

Diambil dari sini

Motivasi utama berpindah dari Fillesystem Ext.3 ke Ext. 4 adalah :

* Delayed allocation & mballoc allocator for better on-disk allocation
* Sub-second timestamps
* Space preallocation
* Journal checksumming
* Large (>2 Terabyte) FILE support
* Large (>16 Terabyte) FileSystem support
* Defragmentation support

Nah, kalo kita pengguna ubuntu 9.04 perlu dicoba ni tutornya soalnya jaunty masih pakai filesystem Ext. 3 . Ada beberapa distro yang defaultnya sudah menggunakan Ext.4, seperti Slackware 13 dan Ubuntu 9.10 Karmic Koala.

Yang harus dipersiapkan :

* Memiliki kernel yang mendukung filesystem Ext4
* Partisi yang akan dikonversi harus di UNMOUNT
* Untuk memastikan apakah partisi yang akan dikerjakan tidak di mount, gunakan perintah:
sudo umount /dev/sda5
* Anda tidak bisa melakukan konversi root (/) sedangkan anda sedang bekerja dengan filesystem tersebut (booting). Untuk ini, anda memerlukan LiveCD atau Linux di USB.

Ok. langsung pada intinya…

Booting menggunakan LiveCD atau LiveUSB anda.
Saya sendiri menggunakan Ubuntu 9.04 yang diinstall (bukan live lho) pada USB hardisk.
1. Ketahui dulu ‘alamat’ partisi yang akan di konversi menggunakan fdisk.

Buka terminal anda, ketikkan:

sudo fdisk -l

2. Lakukan konversi (sebenarnya hanya menambahkan fitur filesystem)

sudo tune2fs -O extents,uninit_bg,dir_index /dev/sda5

Pada perintah di atas, saya mengkonversi partisi /home saya yang berada di alamat /dev/sda5 (partisi logical pertama).
Jangan heran, tahap ini hanya memakan waktu beberapa detik saja. Yang lama itu adalah tahap berikutnya.
3. fsck biasanya digunakan untuk memeriksa filesystem

Nah, disinilah fungsi fsck berperan. Ketika kita menggunakan perintah:

sudo fsck -pDf /dev/sda5

sebenarnya kita sedang melakukan ‘perbaikan’ filesystem yang ‘rusak’ karena kita sudah merubah atribut fitur filesystem tersebut menggunakan tune2fs.

Jadi, adalah wajar jika anda mendapatkan pesan error saat proses pemeriksaan filesystem.

Potongan perintah tune2fs tadi akan mengkonversi filesystem kita sehingga sekarang memiliki fitur:

* dir_index
Menggunakan b-trees (big trees – pohon besar??) hash untuk mempercepat pencarian pada direktori filesystem. Opsi -D pada fsck berfungsi untuk melakukan konversi direktori ke format b-trees.
* uninit_bg
Fitur ini akan mempersingkat waktu pengecekan filesistem karena hanya mengecek inode-inode yang mengalami perubahan saja.

4. Edit Konfigurasi Fstab

Setelah menyelesaikan konversi, saatnya merubah jenis filesystem pada konfigurasi proses mounting filesystem saat booting.

Mount partisi root linux anda

sudo mount /dev/sda1 /home/ubuntu/direktori_mount_point

Buka file /etc/fstab sebagai root.

sudo nano /home/ubuntu/direktori_mount_point/etc/fstab

Edit baris yang seperti ini:

UUID=f6926896-247d-4511-afa0-8f1a67302232 /home ext3 relatime 0 2

ke konfigurasi baru:

UUID=f6926896-247d-4511-afa0-8f1a67302232 /home ext4 relatime 0 2

Perhatikan, yang berubah hanyalah di bagian jenis filesystemnya saja.

Simpan (ctrl+O) dan keluar (ctrl+X) dari editor nano.
5. Reboot Linux Anda dan nikmati filesystem baru anda.

Selamat, sekarang anda sudah bisa menikmati filesystem ext4 dengan segala kelebihannya

WARNING!
Backup dahulu data-data anda sebelum melakukan konversi filesystem atau anda bisa kehilangan data (meskipun tutorial ini bisa dibilang 99% aman dan sukses tanpa kendala pada Ubuntu Jaunty 9.04 saya).

14 responses

  1. sudah ga bisa dipratekin:mrgreen: sudah pindah ke karmic…eh helena😀

    1. oohhh… selingkuh ke helena skarang hehe saya juga masih setia ma jaunty,, blom sreg sama yang lain… hehe

  2. haha, sama sob, ane jg bru aja migrasi dari jaunty ke mint8 + ext4😀

    1. mantab… hehe masih setia ma jaunty neh….😛

  3. pelan-pelan dulu tak praktekin 1/1😀

    1. iya mas… silahkan…😀

  4. gan, cara itu bisa digunakan di karmic koala nggak?
    karena karmic koala saya filesystemnya ext3🙂

    1. wew… kok bisa ?? bukanya default ext. 4 mas ?? saran saya, sebelum terlalu jauh.. mending instaall ulang aja… terus pilih ext.4 that’s it.

      klo cuma buat desktop biasa gak terlalu signifikan ext.3 ato 4.. nikmati aja mas… hehe😀

  5. 😆😆😆😆😆

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  6. 😆😆😆😆😆

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    1. wokeeee…. hehe

  7. Wah ilmu baru ini….
    thanks share nya gan…🙂

  8. Hai kawan, saatnya blog walking.
    tetap semangat😀 09:54

  9. Hai kawan, saatnya blog walking.
    tetap semangat😀 22:18

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: