memperbaiki bad sector pada harddisk

Apakah harddisk anda terkadang atau sering mengeluarkan bunyi seperti “nit-nit-nit” atau “krik-krik-krik” ?? Jika iya, anda patut waspada. Sebab, gejala ini merupakan salah satu ciri khas harddisk yang  terkena “penyakit”  bad sector.

dikutip dari om wiki :

A bad sector is a sector on a computer’s disk drive or flash memory that cannot be used due to permanent damage (or an OS inability to successfully access it), such as physical damage to the disk surface or failed flash memory transistors. It is usually detected by a disk utility software such as CHKDSK or SCANDISK on Microsoft systems, or badblocks on Unix-like systems. When found, these programs may mark the sectors unusable (all file systems contain provision for bad-sector marks) and the operating system skips them in the future.

Kalau bahasa indonesia nya, sektor / bagian dari dalam harddisk komputer atau Flash Disk yang tidak dapat digunakan (untuk menyimpan data) dikarenakan kerusakan fisik yang permanen. Sehingga Operating System tidak dapat meng-akses bagian tersebut.

Logikanya, bagian yang rusak tersebut tidak dapat digunakan lagi, karena sudah rusak permanen. Lalu bagaimana solusinya ? Pengalam saya, untuk mengatasi masalah ini, cukup sederhana. Format saja HDD nya😀. Ini buka sembarang format seperti pada saat kita ingin menghapus seluruh isi HDD. Teknik format yang akan kita pakai adalah low-level formatting

Low level formatting adalah proses membuat sebuah HDD menjadi zero fill (membuat kosong-gak ada isinya :D) dengan tujuan akhir, HDD tersebut menjadi baru layaknya baru keluar dari pabrik. Karena pada dasarnya LLF seperti kita burn sebuah CD/DVD-R yang membuat permukaan piringan fisik HDD tersebut menjadi struktur dari awal layaknya baru keluar dari pabrik.

Efek dari LLF ini antara lain :

  1. Mengembalikan struktur HDD kembali semula (factori default)
  2. Memperbaiki bad sector.
  3. Menghapus semua data dalam HDD sampai ke-akar nya, jadi klo ada virus2 juga jadi bersih😛

Nah, efek yang no. 2 yang ingin kita manfaatkan. Lalu kita lanjutkan bagaiman langkah – langkah melalukan LLF yang baik dan benar ?? mudah saja, kita hanya membutuhkan 2 langkah sederhana :

  1. Lakukan LLF pada hard-disk anda
  2. Format hard-disk dengn file system yang anda kehendaki (eg. NTFS, FAT32 dll)

Cukup mudah melakukan proses LLF. cukup download ini (PASTIKAN COPY SEMUA DATA PENTING ANDA DALAM HDD SEBELUM MELAKUKAN PROSES INI. SEBAB, SEMUA DATA DALAM HDD YANG MENJADI TARGET AKAN LENYAAAAP.. HAHAHAAAHAAA😀 )

Selanjutnya jalankan program tersebut akan muncul :

Pilih target HDD dan tekan continue.

Akan muncul 3 buah tab. Pilih tab LOW-LEVEL FORMAT, dan tekan FORMAT THIS DEVICE. Proses LLF ini akan memakan waktu yang bervariasi tergantung kapasitas HDD anda. Saya ambil contoh HDD dengan kapasitas 640GB memakan waktu sekitar 3 – 4 Jam (soalnya waktu itu saya tinggal tidur😀 ).

Setelah proses LLF ini selesai, anda harus memformat HDD anda. Ibarat nya sebuah rumah jika kita LLF, rumah tersebut kita hancurkan seluruh ruangannya. Seperti kamar, WC, ruang tamu dll. Sehingga rumah tersebuat hanya sebuah pintu dan atap genteng tanpa ada sekat- sekat di dalamnya. Lalu HDD kita format. Jika diibaratkan rumah, kita bangun kemabli “temboknya” untuk membuat kamar, WC, ruang tamu, ruang keluarga dll. Dengan konsekuensi “isi” rumah tersebut kita “kosongkan” terlebih dahulu.

Baik kita akan format HDD kita dengan langkah – langkah sebagai berikut :

Buka exlorer, klik kanan pada target HDD anda lalu pilih Format. Akan muncul jendela baru :

Oiya, semua langkah dan praktek ini menggunakan Operating System  Windows XP. Kemungkinan jika menggunakan Windows Vista atau 7, hanya tampilan dan letak menu nya yang berbeda.

Isi sesuai dengan tampilan diatas. Yang perlu diperhatikan bagian File System, pilih NTFS . Menu yang lainnya biarkan default seperti apa adanya. Lalu tekan Start. Proses ini akan memakan waktu yang bervariasi tergantung kapasitas HDD anda😀

Akhir kata selamat mencoba😀 jika HDD anda masih bermaslah seperi berbunyi atau hang pada saat akses data nya. Saran saya gunakan metode format LBB (Lempar Beli Baru hahaha😀 ) ini serius !! sebab dari pada anda mengeluarkan biaya untuk service HDD anda yang belum tentu pulih 100%. Dengan biaya yang hampir sama anda keluarkan untuk membeli HDD baru dengan teknologi terbaru😀.

Terimakasih. Semoga bermafaat.. komentar, saran dan pertanyaan ditunggu😀

12 responses

  1. kebetulan saya mengalami masalah spt ini
    thanks gan atas petunjuknya
    akan saya laksanakan

    1. sip. semoga bermanfaat mbak santi😀

  2. Langsung ane coba di hums

    1. mantaaabb😀 semoga berhasil…😛

  3. wah keren gan ,,

    ditunggu kunjungan baliknya gan ..

    1. siap gan😛

  4. Mas, mohon infonya ya, ini kan aplikasinya berjalan atau melalui sistem operasi windows xp, nah kalo kita LLF hddnya apa masih bisa booting nantinya? atau apakah setelah LLF memang tujuannya install ulang? dan juga tidak dijelaskan yang di LLF itu total size HDD atau hanya drive tertentu? terima kasih banyak atas infonya.

    1. iya berjalan di windows,, target nya HDD lain.. jadi memang install ulang😀 setahu saya 1 hdd full.. bukan partisi..

      semoga jawabannya membantu😀

      1. owww targetnya hdd lain… brrti hdd target sbg usb hdd ya…

      2. target bisa USB, SATA
        😀

  5. makasih mas atas info-nya, atas penjelasannya. nih mau dicoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: